Rabu, 27 Juli 2011

RPP Matematika kelas X smtr gasal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                        :  Matematika
Kelas/ Semester                      :  X / 1
Tema/ Sub Pokok Bahasan      :  Pertidaksamaan linier dan Pertidaksamaan pecahan
Alokasi Waktu             :   2 x 45 menit (2 pertemuan )


1. Standar Kompetensi            :  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan system persamanaan linear dan pertidaksamaan satu variable.

2. Kompetensi Dasar               :  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.

3. Indikator                              :1. Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
 2. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan linier.
 3.  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan kuadrat.

4. Tujuan Pembelajaran          : 1. Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk linier.                                                      
              2. Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan linier.                                                     
                                                  3. Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan kuadrat.
5. Materi Pembelajaran
      Pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh notasi ketidaksamaan ( <, ≤, >, atau ≥ ).
Interval adalah himpunan bagian dari himpunan bilangan real.
Interval dapat dituliskan dengan 2 cara yaitu : notasi pembentuk himpunan dan garis bilangan.
Sifat-sifat Pertidaksamaan :
1.     Tanda atau notasi ketidaksamaan tidak berubah jika kedua ruas pertidaksamaan dijumlahkan atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
2.     Tanda atau notasi ketidaksamaan tidak berubah jika kedua ruas pertidaksamaan dikali atau dibagi dengan bilangan positif yang sama. 
3.     Jika kedua ruas pertidaksamaan  dikali atau dibagi dengan bilangan negative yang sama, maka tanda atau notasi ketidaksamaannya berubah.      
Pertidaksamaan Linier
Pertidaksamaan linier didefinisikan sebagai pertidaksamaan yang memuat variable dengan pangkat satu.
Menyelesaikan pertidaksamaan linier caranya mengubah pertidaksamaan tersebut menjadi bentuk yang paling sederhana.
Contoh : a.              b.



Pertidaksamaan Pecahan
Bentuk baku pertidaksamaan pecahan ada 4 yaitu :
1.                               3.                
2.                               4. 
Dengan f(x), g(x) merupakan fungsi-fungsi dalam x dan g(x) ≠ 0, f(x) dan g(x) bias berbentuk linier atau kuadrat.
Menyelesaikan pertidaksamaan pecahan
Langkah-langkah menyelesaikan pertidaksamaan pecahan :
1.     Mengubah ruas kanan pertidaksamaan menjadi nol.
2.     Menyederhanakan ruas kiri dengan cara memfaktorkan pembilang dan penyebut.
3.     Menentukan nilai factor pembuat nol pembilang dan penyebut.
4.     Letakkan nilai factor pembuat nol pada garis bilangan.
5.     Beri tanda + atau – pada masing-masing interval pada garis bilangan dengan cara menguji sembarang nilai  selain pembuat nol.
6.     Himpunan penyelesaiannya adalah pada interval yang memenuhi nilai yang sesuai dengan tanda pertidaksamaan.

Contoh :a.                     b.
6.     Alokasi waktu                    : 2 jam pelajaran ( 1 pertemuan )
7.     Metode dan Sumber

    a. Metode :  Tanya jawab, Diskusi Stary and Stay dan Penugasan.

    b. Sumber :
-     LKS Canggih   
         -     Wirodikromo Sartono.2007.Matematika SMA kelas X.Jakarta.Erlangga.Hal.133-143.
     

8.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  I :

Kegiatan
Waktu
Pendidikan
Karakter
Kegiatan Awal
a.      Apersepsi tentang mengingat kembali pemfaktoran pada persamaan kuadrat.
b.     Pemberian motivasi tentang pentingnya belajar pertidaksamaan, untuk kehidupan sehari-hari.
c.      Membacakan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.



15’


Empati, kedisiplinan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.      Guru memberikan penjelasan tentang pertidaksamaan linier dan pertidaksamaan pecahan dan contoh cara menyelesaikan pertidaksamaan tersebut.
b.     Guru membagi kelompok diskusi, tiap kelompok 4-5 siswa.
c.      Siswa mengelompok berdasarkan kelompok diskusi masing-masing.
Elaborasi
Dengan metode Stray and Stay siswa mengerjakan LKS yang telah disiapkan sebagai tugas terstruktur.
Konfirmasi
a.      Dua kelompok mempresentasikan ke depan kelas.
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
c.      Dengan diskusi siswa mengerjakan soal-soal latihan
d.      Beberapa siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas..




30’





30’


30’






Kerjasama, komunikasi lisan & tulisan, menghargai perbedaan dengan arif, menghargai pendapat orang lain.


Kegiatan Akhir
a.      Siswa merangkum materi
b.     Evaluasi
c.      Guru memberikan tugas terstruktur.

30’

Kemandirian, antisipasif.

9.     Kisi – kisi Soal
No.
KD/Indikator
Bahan kelas/ smster
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
1.
Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
X/1
Pertidaksamaan linier dan pertidaksamaan pecahan
1.  Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk linier.
2.  Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan linier.
3.  Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan kuadrat.
Tes tertulis berbentuk uraian
1.     a,b, c







2.     a








2.b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar