RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(BERBASIS PAIKEM)
Sekolah : ..........................................
Mata Pelajaran : ..........................................
Kelas/Semester : ..........................................
Alokasi Waktu : ..........................................
A. Standar Kompetensi:
B. Kompetensi Dasar :
C. Indikator :
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
E. Materi Pelajaran: ..................................
F. Alat/Bahan/Sumber belajar
G. Model dan Metode Pembelajaran:
Pembelajaran Kooperatif (CL) dengan ..........
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran | Terlaksana | |
Ya | Tidak | |
Kegiatan Awal Kegiatan Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi Kegiatan Penutup |
Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran | Terlaksana | |
Ya | Tidak | |
Kegiatan Awal Kegiatan Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi Kegiatan Penutup |
I. Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir pada Lembar Penilaian)
- Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
- Kinerja saat melakukan kegiatan
- Laporan/presentasi
Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran (Pertemuan 2) dengan menggunakan Lembar Penilaian (LP).
Lembar penilaian menggunakan lembar observasi
Lembar Observasi terhadap Kinerja Ilmiah Siswa ( contoh untuk IPA )
No | Aspek Yang Diamati | Skor | |||
0 (tidak ada) | 1 (kurang) | 2 (sedang) | 3 (baik) | ||
1 | Melakukan pengamatan | ||||
2 | Menuliskan data pengamatan | ||||
3 | Melakukan tafsiran terhadap data | ||||
4 | Mengkomunikasikan |
Kriteria Penilaian
Mengetahui Kepala Sekolah ………………………………. NIP | Blora, Guru Mata Pelajaran ………………………………. NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar