Rabu, 27 Juli 2011

RPP Berbasis PAIKEM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(BERBASIS PAIKEM)

Sekolah                              :  ..........................................
Mata Pelajaran                  :  ..........................................
Kelas/Semester                  :  ..........................................
Alokasi Waktu                  :  ..........................................

 

A.  Standar Kompetensi: 

B.   Kompetensi Dasar           :

C. Indikator                            : 


D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:





E.   Materi Pelajaran: ..................................






F.   Alat/Bahan/Sumber belajar





G.  Model dan Metode Pembelajaran:
      Pembelajaran Kooperatif (CL) dengan ..........




H.  Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan 1

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Awal





Kegiatan Inti

·        Eksplorasi




·        Elaborasi





·        Konfirmasi








Kegiatan Penutup








        Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Awal





Kegiatan Inti

·        Eksplorasi




·        Elaborasi





·        Konfirmasi




Kegiatan Penutup







I.   Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir pada Lembar Penilaian)
  • Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
  • Kinerja saat melakukan kegiatan
  • Laporan/presentasi
Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran (Pertemuan 2) dengan menggunakan Lembar Penilaian (LP).

Lembar penilaian menggunakan lembar observasi

Lembar Observasi terhadap Kinerja Ilmiah Siswa ( contoh untuk IPA )

No
Aspek Yang Diamati
Skor
0 (tidak ada)
1 (kurang)
2 (sedang)
3 (baik)
1
Melakukan pengamatan




2
Menuliskan data pengamatan




3
Melakukan tafsiran terhadap data




4
Mengkomunikasikan




               Kriteria Penilaian
                             

Mengetahui
Kepala Sekolah



……………………………….
NIP

Blora,
Guru Mata Pelajaran



……………………………….
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar